Kamis, 30 Maret 2017

Materi IPA SD kelas 2 semester 2

MATAHARI
                       Pernahkah kamu memperhatikan suasana di pagi hari? Udara terasa sejuk dan segar, sinar matahari terasa hangat di tubuh. Tahukah kamu apa yang membuat tubuhmu terasa hangat? ya...betul Matahari yang menghangatkan tubuh kita. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi ini, matahari menghasilkan energi panas dan cahaya bagi bumi. 
                       Bayangkan jika bumi tidak mendapat sinar matahari, bumi akan gelap dan dingin, lambat laun tumbuhan akan mati dan akhirnya kehidupan di bumi akan musnah.
Bumi menjadi gelap dan dingin
                      Matahari membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, apa itu fotosintesis itu? untuk lebih jelasnya mari kita saksikan tayangan berikut ini !




                     Selain membantu proses fotosintesis masih banyak lagi manfaat dari sinar dan panas matahari diantaranya: mengeringkan pakaian, padi, ikan  dan sebagai sumber energi alternatif.Sinar matahari juga bermanfaat bagi tubuh kita karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk tulang kita. Di siang hari jangan terlalu lama dibawah sinar matahari karena sinar matahari sudah mengandung sinar ultra violet yang berbahaya bagi kulit dan mata kita.sebaiknya kita mengunakan krim tabir surya, topi atau payung, pakaian tertutup dan kaca mata hitam.
Krim tabir surya
                  Terbitnya matahari ditandai dengan munculnya matahari dari sebelah timur, bayangan benda berada disebelah barat dan lebih panjang dari pada benda aslinya, di siang hari matahari berada diatas  benda bayangan berada di bawah benda dan lebih pendek dari pada aslinya sedangkan di sore hari matahari berada di sebelah barat bayangan benda berada di sebelah timur dan lebih panjang dari aslinya
Bayangan di pagi hari
bayangan di siang hari
Bayangan di sore hari
                           Matahari adalah ciptaan Allah SWT yang sangat bermanfaat bagi umat manusia. bersyukurlah kita hidup di Indonesia karena Indonesia berada di daerah tropis yang mendapat sinar matahari setahun penuh.
                          Selamat belajar ya.... 😊😊😊 semangat trus.... dan cintai alam sekitar mu .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar